Kamis, 06 November 2014

15 Rekomendasi Aplikasi Untuk Android



Tidak seperti sistem operasi Ios dan Windows Phone, android bersifat open source yang memudahkan pengembang pihak ketiga ikut memajang aplikasi ciptaan mereka. Akibatnya, ada ribuan aplikasi tersedia di Google Play yang unik dan beragam. Nah, untuk memudahkan kamu untuk memilah dan memilih aplikasi yang membantu kegiatan kamu sehari-hari, saya pengen share sedikit banyak aplikasi yang bakal membuat ponsel pintar kamu menjadi lebih pintar! Cekidot;

1. Antivirus

Aplikasi yang satu ini sepertinya tidak akan terpisah untuk perangkat android. Bagaimana tidak? Android didesain untuk selalu terhubung dengan jaringan internet. Bila tidak ada antivirus sebagai benteng pertahanan terhadap virus apa jadinya? Nah, karena itu ada baiknya untuk kita menginstal antivirus demi keamanan data yang kamu miliki.

Recomend Apps: Avast! Mobile Security, Advance Mobile Care, Norton, Eset Nod32


2. Browser


Smartphone yang selalu terhubung internet membutuhkan sebuah perambah yang stabil dan simple dalam pemakaiannya. Browser bawaan android terkadang minim fitur dan kurang stabil untuk menjelajah, makanya kamu harus pasang aplikasi pihak ketiga untuk memudahkan akses kamu di dunia maya.
Recomend apps: Google Chrome, Mozilla Firefox, Operamini, Dolphin Browser

3. Sistem Tune-Up


Seperti aplikasi yang tersedia di PC, android juga membutuhkan aplikasi untuk mengoptimalisasi kinerja android kita agar berjalan dengan baik dan lancar. Beberapa aplikasi Tune Up android didesain untuk membersihkan file sampah (History browser, Cache, folder kosong) agar memberikan ruang lapang untuk memori perangkat kita. MobileCare adalah aplikasi yang paling saya rekomendasikan karena fiturnya sangat lengkap. Lihat preview lengkapnya disini.

Recomend Apps: Mobilecare, Cleanmaster, Du Battery Saver Pro, 

4. Sosial Media

Nggak lengkap rasanya bila ponsel pintar kita belum disematkan jejaring sosial macam Facebook, Twitter, atau BBM. Dengan aplikasi sosmed ini kita bisa secara intens terhubung dengan teman, keluarga, dan relasi bisnis. Kata orang sih, tujuan utama mereka membeli gedget ya untuk sosial media ini. *hehehe*. Jadi, bener banget kalo Sosial Media dikategorikan sebagai aplikasi yang paling direkomendasikan. Setuju nggak?

Recomend Apps: Facebook, Twitter, BBM, Path, WhatsApp, Line, Google+, Instagram, Kakao Talk, 


5. Photo Editor


Nah, setelah aplikasi sosial media terpasang, saatnya untuk menambah aplikasi pendukung yaitu photo editor. Photo editor membantu kamu untuk meng-edit koleksi foto agar lebih menarik. Dengan beragam fitur yang ditawarkan, foto hasil jepretan kamu yang sederhana itu akan lebih “wah”.

Recomend apps: Camera360, Instasize, Photo Grid


 6. Portal Berita


Siapa bilang smartphone cuma bisa buat sosmet dan selfie? Smartphone juga bisa dipakai untuk meng-update berita terbaru disekitar kita biar nggak kudet. Layaknya kamu nonton berita di televisi atau membaca koran, aplikasi portal berita akan memberi informasi berita terkini, ramalan bintang, hingga kumpulan tips yang menarik.

Recomend apps: Vivanews, The Guardian, Kompas, Metro tv News,



Dibawah ini adalah aplikasi sekunder yang juga wajib kamu miliki gan! Cekidot:

7. Fotmob Pro





Ini adalah aplikasi penting untuk para penggila bola! Aplikasi ini secara real time memberi informasi kepada kita tentang jadwal pertandingan, hasil pertandingan, susunan pemain, hingga profil pemain, sehingga tanpa menontonpun kamu bisa terus memantau pertandingan dari tim favorit kamu. Lihat preview lengkapnya disini.


8. Google Maps



Kenapa kita perlu Google Maps di gadget kita? Jawabannya adalah karena aplikasi ini akan memberitahu posisi kita di peta dengan bantuan akses internet, bukan GPS. Google Maps bekerja layaknya atlas berjalan yang meyediakan informasi jalan raya, bandar udara, pelabuhan, dan peta terperinci dan terkini dari seluruh dunia.
 
 9. IQuran Pro


Kata Wak Haji, Al Qur an adalah pedoman hidup bagi kaum muslim. Sebagai pedoman hidup berarti Al Qur an harus dibawa kemana mana dong? Tapi nggak lucu kan kalo setiap hari Al Qur an kita bawa bawa trus! Hehehe, Pasang dong aplikasi ini. iQuran berisi 31 juz Al Qur an lengkap dengan terjemahan dan tajwidnya. Jadi, itung-itung nambah pahala sob...

10. MX Player Pro


Ini adalah aplikasi wajib bagi yang hoby banget nonton film. Segala jenis format film mampu diputar dengan mulus oleh aplikasi yang satu ini, lengkap dengan subtitle atau terjemahannya. Sebenarnya beberapa merk smartphone sudah menyematkan player bawaan, tapi dengan MX Player, film yang diputar akan lebih flawless dan menu yang disediakan juga lebih banyak daripada yang ada di pemutar bawaan.


11. Go Weather Ex

Ada buanyak aplikasi ramalan cuaca yang tersebar di Google Play, tapi menurut saya aplikasi yang satu inilah yang terbaik. Aplikasi ini menyediakan informasi ramalan cuaca di kota besar/kecil di Indonesia. Ketika diujicoba, keakuratannya sampai 98% yang artinya ramalan cuacanya hampir selalu tepat. 

12. TrackID



Pernah enggak kamu sedang jalan di mall trus Duh, ini lagu judulnya apa ya? Siapa yang nyanyi? Tenang aja gais, karena android punya aplikasi canggih yang akan melacak lagu yang kamu sukai itu dengan mudah. Dengan bantuan koneksi internet, aplikasi ini akan melacak dan mengidentifikasi artis beserta lagunya, disertai dengan informasi tentang artis dan album dari lagu yang kamu cari. Menarik kan?

13. Waze


Lupakan deh sistem navigasi GPS untuk android karena     memang ribet banget pemakainnya karena sekarang ada aplikasi yang lebih praktis dan easy to use, yaitu waze. Waze adalah aplikasi navigasi yang memudahkan kamu memilih rute tercepat untuk sampai di lokasi tujuan kamu. Database Waze memiliki koleksi semua akses jalan dari kota-kota besar di Indonesia. Dengan interface yang unik, kamu akan diarahkan menuju tempat tujuan tanpa lag.

14. Kamus
Walaupun kamu enggak ada latar belakang bahasa Inggris. Toh, aplikasi ini tetap bermanfaat untuk pelajar dan mahasiswa yang kebingungan mencari kosakata bahasa Inggris. Enggak perlu deh bawa kamus berat berat kalo udah pasang aplikasi ini. Tertarik? 
Recomend apps: Kamusku, 

15. Game


Enggak lengkap rasanya kalau smartphone tanpa dijejali game didalamnya. Bagai makan soto tapi enggak ada kuahnya. Ada bejibun game gratis dan berbayar di google play. So, tinggal kalian pilih aja sob! Eit, jangan asal instal ya, sesuaikan dengan spec dan memori yang tersedia di ponsel kamu.

Recomend apps: FIFA 14, NBA jam, Brother in Arms 2, Shadowgun, The Sims 3, Assasin’s Creed




Semoga Bermanfaat...

1 komentar: