Selasa, 25 November 2014

Anak Muda Zaman Sekarang



“Wo, main kelereng yok”

“Dimana? Capek nih...  Mending kita main pe-es an. Noh, di warnet bang Juno. Katanya game CS sekarang ada seri balap juga lo..”

“Masak sih? Ayo deh...”


Begitulah sepenggal percakapan antara Aldi dan Bowo. Dua bocah ingusan dan kurapan ini lebih milih main game online daripada main kelereng. Ini adalah sedikit cerminan perilaku anak zaman sekarang.

Sebelum globalisasi “menggila”, anak muda indonesia enggak lincah, ceria, dan sopan lagi kaya dulu. Lihat aja tuh si Aldi dan Bowo, mereka malah asik ngejogrok di warnet ber jam-jam, sambil sesekali misuh – misuh kasar waktu jagoannya kalah. 
Banyak banget gambaran berbeda yang kita rasakan tentang generasi zaman sekarang. Kalo generasi zaman dulu lebih suka baca buku di perpustakaan, generasi zaman sekarang lebih suka baca posting orang di medsos, kalo dulu gaya pacarannya secara malu-malu, sekarang gaya pacarannya malu-maluin, kalo dulu ada komunitas remaja masjid, sekarang berubah jadi komunitas alay atau cabe-cabean. Pokoknya, banyak deh kelakuan anak zaman sekarang yang aneh bin ajaib. Tapi anehnya juga, banyak orang yang menanggapi wajar “penyimpangan” remaja ini

Eh, siapa sih generasi zaman sekarang itu? 

Ya kamu-kamu semua, pemuda pemudi harapan bangsa yang kelak akan menjadi generasi penerus bangsa ini. Generasi penerus yang akan menjawab segala tantangan zaman. Ya kamu-kamu semua yang lagi duduk ongkang-ongkang kaki lagi main gedget di kursi. 

Nah, berdasarkan 10% pengamatan dan 90% kesotoyan saya, saya menemukan beberapa karakter dari generasi anak-anak zaman sekarang. Beberapa diantaranya merupakan realita yang mudah ditemukan disekitar kita. Ini dia...


1.      Pacaran sebagai kewajiban



Anak SD sekarang udah kenal cinta-cintaan, anak SMP sekarang udah mulai pacar pacaran, anak SMA sekarang udah berani main kawin-kawinan. Mereka (kita!) selalu menganggap pacaran adalah kewajiban dan jomblo adalah sebuah gelar yang hina sehingga mati-matian deh punya pacar biar bisa ngapel/diapelin pas malam minggu.

Pacaran jadi segala-galanya. Otaknya lebih suka menganalisis gebetan dan pacar ketimbang menganalisis rumus dasar trigonometri biar bisa bikin rumus matematika baru. Pokoknya yang ada di dalam pikiran remaja sekarang ini adalah: Nggak pacaran, nggak asik. Nggak pacaran, nggak hidup. Nggak pacaran, nggak gaul.

2.      Mengidolakan gedget

Pergi ke Star Bucks yang di foto gelasnya, trus di upload ke Path, Instagram, Alasannya sih biar tetap eksis ngalahin artis-artis ibukota. Pengen narsis langsung selfie, trus langsung di upload ke Facebook, Twitter.

Kalo mereka laper? Enggak perlu nyari makan, megang hape aja dulu, terus update dulu di Path kalau lagi laper-terus pingsan kelaperan. Kalo Kebelet pipis? Nggak perlu nyari wc, megang hape aja dulu, update kebelet pipis-terus sakit ginjal.

Generasi zaman sekarang lebih seneng megang hape sampe berdarah-darah buat update ini itu ketimbang megang prinsip kalo suatu saat bisa sukses.

3.      Punya komunitas konyol

Pengen tampil beda, roknya dipendekin trus pake anting-anting panjang sampe menyentuh tanah. Pengen tampil gaya, pake motor knalpot rombeng biar menarik perhatian cewek-cewek trus kebut-kebutan di jalan raya, jatuh, nangis! Pengen tampil jagoan, ikut tawuran walaupun enggak tau masalahnya apa. Haduuh... parah banget!

Anak muda sekarang enggak peduli lagi apa yang mereka lakukan sangat merugikan baik bagi diri mereka sendiri maupun orang lain. yang penting bagi mereka adalah eksis duluan dengan jalan yang “sesat”.

4.      Konsumtif

Bershka diskon, beli sepatu, Stradivarius diskon, beli baju, New Look diskon, beli tas, H&M diskon beli aksesoris, tiket Garuda diskon yang dibeli pesawat terbangnya.
Pura-pura aja enggak ngeliat kalo ada pengemis yang 3 hari enggak makan lagi minta-minta.

Konsumtif banget! Mereka enggak memandang barang sebagai kebutuhan lagi, tapi hanya kepengen biar selalu tampil modis dan gaya. Berton – ton uang mereka habiskan hanya untuk memenuhi nafsu dan prestise sesaat. Uang seakan enggak punya nilai lagi. Huh... coba seandainya uangnya buat disumbang atau ditabung, kan lebih bernilai.


5.      Kebelet dewasa

Membantah orang tua waktu diingetin salah, memaki orang tua waktu keinginan enggak dipenuhi, dan mogok makan sambil jahit mulut gara-gara enggak dibeliin motor. Kasian kan orang tua kalian kalo kayak gini...

Pake bedak sampe mukanya putih kayak pasir, ngebentuk alis udah kayak clurit, rebonding rambut dari yang ikal jadi lurus, enggak lupa rambutnya dikasih warna-warni. Jadi remaja yang umurnya 16 tahun kayak umur 21 tahun, umurnya 17 tahun kayak umur 25 tahun, umurnya 18 tahun kayak umur 30 tahun, umur 19 tahun kayak umur 35 tahun, umur 20 tahun kayak umur 40 tahun, umur 25 tahun kayak orang dalam kubur. Serem banget, guys. Jadi dewasanya pelan-pelan ajalah. Ngapain buru-buru sih?

6.      Pengennya serba instan

Di zaman semuanya serba mudah didapetin, bikin generasi sekarang pengennya serba instan. Males belajar, bikin contekan di jidat guru. Pengen cantik, dipakai tuh bedak tiga kilo sama parfum tiga liter. Pengen jadi terkenal, bikin video mesum 3gp trus disebarin di internet. Pengen cepet kaya, langsung deh ngepet atau curi motor tetangga langsung dapet duit banyak.


Disini saya enggak pengen terkesan menggurui atau menghakimi, hanya sekedar mengingatkan bahwa generasi kita sedang menuju ke arah Lost Generation. Lost generation atau generasi yang hilang adalah generasi yang berisikan pemuda yang tidak memiliki ideologi, pemuda yang mengagungkan Pop Culture (Budaya Barat) dibandingkan budaya lokal, pemuda yang merusak dirinya sendiri, pemuda yang tidak tahu sopan santun, pemudi yang rela menjual keperawanannya demi eksistensi diri, pemuda yang vandalis, dan pemuda yang dibutakan harta. 


Kebayang enggak kalo generasi kalian aja kayak gini? Gimana dengan generasi anak-cucu kita nanti?


Sudah saatnya nih kita sendiri yang bergerak untuk membangun generasi kita berjalan kearah yang lebih baik. Caranya gimana dong? Dari yang simpel aja dulu seperti membiasakan diri untuk tidak tergantung sepenuhnya dengan gedget. Di sekitar kita banyak kok yang lebih penting dan bernilai daripada trus mantengin layar gadget. Ikut kerja bakti di lingkungan tempat tinggal juga bermanfaat tuh gan, selain untuk menambah kekerabatan dengan tetangga, itu juga tindakan nyata kepedulianmu pada lingkungan.


Pengen terkenal? Enggak usah deh ikut komunitas aneh-aneh. Kita bisa memulainya dengan belajar yang rajin dan serius. Siapa tahu kita bisa berinovasi menemukan penemuan-penemuan baru ngalahin Albert Einstein atau Thomas Alva Edison. Selain bisa bikin bangga diri sendiri, guru-guru satu sekolah, dan terutama orangtuamu juga ikut bangga!


Lalu kita juga harus mulai membiasakan diri dengan gaya hidup sederhana, kalau ada kelebihan uang, mending uangnya kita tabung untuk bekal dihari tua nanti. Dan akan lebih bernilai lagi jika uangnya untuk disumbangkan kepada yang lebih membutuhkan. 


Semua tindakan kecil ini sangat penting untuk membangun generasi berkualitas. Dari tindakan kecil ini kita bisa saling mengingatkan keteman-teman kita bahwa banyak hal-hal positif yang bisa kita lakukan selagi kita masih muda. Yang nantinya bisa membuat langkah kecil kita ini bisa menjadi perubahan buat bangsa yang jauh lebih baik kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar