Jumat, 07 November 2014

Indonesia Tidak Bisa Dibanggakan?


Sekarang ini, media massa dari A sampai Z, gencar memberitakan tentang korupsi yang menggerogoti negara ini, jumlah penduduk miskin yang terus bertambah, kemerosotan nilai tukar rupiah, hingga anjloknya prestasi olahraga kita. Lantas kita akan berpikir, apa yang bisa dibanggakan dari negeri kita tercinta ini?


Sebenarnya, Indonesia mempunyai banyak hal yang patut dibanggakan. Malah, apabila saya semangat untuk menulis tentang kebanggaan saya atas kekayaan Indonesia, blog ini bakal overload alias kelebihan kapasitas! Hehehe...

Namun, semua kelebihan ini seakan tertutup oleh masyarakatnya sendiri yang memandang sebelah mata apa yang dimiliki Indonesia. Mereka cenderung lebih mencintai negeri lain dengan bermimpi untuk bisa pelesir ke luar negeri, memakai produk terkenal luar negeri, sampai berkencan dengan artis luar negeri (Kalau yang ini kayanya enggak mungkin deh.. hehehe). Padahal, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terkaya di dunia lho. Enggak percaya?

Sebagai gambaran nih, dibawah lautnya saja Indonesia memiliki 3000 spesies ikan, 590 jenis karang batu, 2500 moluska, dan 1500 jenis udang udangan. Akibatnya Indonesia memiliki 600 titik penyelaman yang tersebar dari sabang hingga merauke. Indonesia juga memiliki 50 taman nasional, yang enam diantaranya termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO dan masih banyak yang lainnya.

Pantai Sulamadaha, Ternate

Sedangkan di daratan, sebanyak 300.000 jenis satwa liar atau 17 % satwa didunia ada di Indonesia. Sedangkan, orang Indonesia sendiri terdiri dari 1320 suku, 583 Bahasa daerah, jumlah bahasa di Indonesia merupakan yang terbanyak di dunia. Di urusan busana, kita memilki 33 pakaian adat dari 33 provinsi. Tidak hanya itu, sekarang kain tradisional batik juga diakui UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Wuuihh...

Tidak hanya di Thailand dan Singapura, Indonesia memiliki wisata belanja yang murah dan kualitasnya tidak kalah bagus. Barang barang kerajinan tangan bisa dijumpai hampir di seluruh daerah di Indonesia karena dasarnya orang kita memang ahli dalam seni ukir dan seni lukis, sedangakan ukir ukiran dari Jepara, Jawa Tengah banyak di ekspor ke negara lain dan diakui kualitasnya.

Trus, kenapa warga Indonesia lebih bangga dan memilih untuk mengunjungi negara lain daripada meng-eksplore negaranya sendiri? Sudah pasti karena prestise. Masyarakat Indonesia masih memiliki pola pikir bahwa berkunjung ke negara lain akan terlihat “keren” dibanding berlibur dinegaranya sendiri. Padahal, ketika kita berkunjung ke negara lain budget yang dikeluarkan akan lebih banyak dibandingkan jalan-jalan ke negeri sendiri. Kita juga bisa membuktikan kepada dunia seberapa indahnya negeri kita ini.


Tante Syahrini Ke Perancis
Nah, lalu apa yang bisa kita banggakan dari Indonesia? Jawabannya adalah sangat banyak! Seperti yang sudah saya bilang tadi, blog ini bakal habis apabila saya menulis semua hal tentang Indonesia. Jadi, berpikirlah kembali jika berencana untuk treveling ke luar negeri, karena di Indonesia lebih banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi dari Sabang sampai Merauke. Kalau memang sedang bepergian ke negeri lain, tanamkanlah dipikiran kita bahwa “Tak ada negeri yang seindah negeriku, Indonesia”, karena memang itulah kenyataannya!


Lalu, apakah kamu sendiri bangga jadi orang Indonesia?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar