Sabtu, 23 Mei 2015

Jangan Jadi Kupu-kupu



Loh...?? Emang manusia bisa ya berevolusi dan berubah jadi kupu-kupu? Kirain bisa berevolusi jadi monyet doang? Muehehehe...

Tenang broh... bukan gitu maksud saya. Kupu-kupu disini sebenarnya adalah salah satu peng-kategorian mahasiswa mahasiswi Indonesia berdasarkan gerak geriknya selama ngampus. Kategori/tipe ini terbentuk akibat lingkungan dan suasana kampus yang sedemikian rupa sehingga secara enggak sadar mereka bakal terkotak-kotak dalam beberapa kelompok. Tapi sebelum kita membahasnya lebih jauh, bersiap nih gaes karena beberapa kategori dibawah bakal menusuk relung ketek para mahasiswa-mahasiswa kita tercinta.

Jadi makin penasaran nih, apa sih maksudnya? Yuk kita bahas satu-satu...

Mahasiswa tipe Kupu-kupu (Kuliah-Pulang, Kuliah-Pulang)

Tipe mahasiswa pertama yang pengen saya bahas adalah mahasiswa tipe kupu-kupu atau kuliah-pulang, kuliah pulang. Tiap hari, mahasiswa ini kerjaannya hanya kuliah dan langsung pulang ke kost/rumahnya tanpa ada acara lain selain dua kegiatan itu. Tipe mahasiswa kupu-kupu ini biasanya pendiam dan cuma memiliki sedikit teman dikampus. Sering banget nih kita memperhatikan mahasiswa kupu-kupu berkeliaran hinggap di kelopak bunga dan menghisap madunya (eh... salah ya?). Maksudnya, sering kita jumpai sebagian besar teman kita sendiri atau orang lain yang bertipe seperti ini.

Tipe kupu-kupu ini bakal membentuk sikap mahasiswa jadi egois dan kuper. Kita jadi enggak tahu update gosip-gosip terkini seputar kampus seperti dosen A yang diem-diem pacaran sama dosen B, kita jadi enggak kenal sama primadona-primadona fakultas, dan kita jadi enggak tahu bocoran soal buat UTS!
Trus kerjaan mereka di kost ngapain dong? Ternyata mahasiswa ini termasuk orang yang pintar mengisi waktu loh. Kesibukan mereka biasanya main game on-line sampe subuh, main gedget sampai jempolnya juling, atau ngintipin bu kost lagi jemur pakaian dalem. Seru banget kan?

Mahasiswa tipe kura-kura (Kuliah-rapat, Kuliah-rapat)

Kebalikan dari mahasiswa tipe kupu-kupu, mahasiswa tipe kura-kura ini semacam aktivis kampus gitu. Mereka biasanya tergabung dalam organisasi-organisasi kampus kayak BEM, HMJ, atau kegiatan UKM lainnya. Saking sibuknya, pulang kuliah mereka enggak langsung pulang, tapi milih untuk rapat bareng temen-temen satu organisasi. Dan kalo ada demo kenaikan harga sembako, mereka selalu berada di garda terdepan dalam unjuk rasa.


Kelebihan dari mahasiswa kura-kura ini mereka bakal jadi mahasiswa legend di kalangan kampus. Mulai dari rektor sampai satpam kampus bakal kenal ma kepribadian dan sepak terjang mister kura-kura ini. Buat dapat gebetan pun gampang karena mereka memiliki relasi di banyak fakultas. Sedangkan kelemahannya adalah kuliah bakal jadi keteteran karena mereka umumnya susah untuk membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi. Bener nggak nih? MAHASISWA KURA-KURA MANA SUARANYA?


Mahasiswa tipe kuda-kuda (Kuliah-dagang, kuliah dagang)

Yang ini nih tipe mahasiswa anti-mainstream. Dikala mahasiswa lain sibuk untuk ngejar nilai, mahasiswa tipe kuda-kuda sibuk untuk ngejar setoran. Mahasiswa ini punya profesi sampingan, yaitu dagang! Entah itu dagang kaos bola, pulsa, CD bajakan, atau dagang rujak. Kehidupan para mahasiswa zodiak kuda-kuda ini mirip sama sales, tapi lebih terselubung. Karena jarang dari mereka yang blak-blakan soal kerjaan sampingannya ini.


Tapi dibalik kejanggalannya ini, tipe kuda-kuda punya jiwa enterpreanure yang tinggi. Mereka rata-rata mahasiswa yang mandiri, supel, dan pintar membaca peluang. Bagi cewek, punya pacar model kuda gini terjamin bakal enak hidupnya karena kehidupan mereka dari sisi finansial bakal tercukupi. Tapi jangan diporotin ya girl... kasian...

Dari analisa diatas, jelas dong yang paling rugi adalah mahasiswa tipe kupu-kupu. Seperti yang udah dijabarin, tipe ini hanya berkutat pada kampus-kostan kampus kostan. Mindset ini sebenarnya turunan dari sifat SMA yang mereka jalani dulu dan masih nempel sampai jadi mahasiswa. Padahal kalo kita mau sedikit bersosialisasi dan berniat untuk keluar dari comfort-zone, banyak banget kegiatan mahasiswa yang lebih seru dari zaman SMA dulu.

Selagi masih muda, otak dan jiwa kita masih sesegar embun di pagi hari. Isilah waktu kita dengan sesuatu yang berguna untuk diri kita bahkan orang lain. Dan sebenarnya waktu inilah yang paling berharga daripada yang lain. Hanya sekedar saran sih, masa depan tetap ditangan kamu. The choice is yours!
“Kalau hidup sekedar hidup, babi juga hidup. Kalau bekerja sekedar bekerja, monyet di hutan juga bekerja”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar