Senin, 24 Agustus 2015

Musik Indonesia Kekinian



Selamat malam dan salam metal untuk kalian semua bro... Aaarrrgggghhhh!

Bagaimana kabar kau semua bro? Baik-baik sajakah? Lagi nyante-nyante? Lagi berkendara? Atau mungkin lagi melamun dan memikirkan sesuatu? Pokoknya apapun yang kau lakukan, aku doakan selalu yang terbaik untuk kau bro! Amiiinn...

Langsung saja bro...

Membahas masalah musik indonesia sekarang udah enggak asyik lagi bro. Kreativitas yang melempem, munculnya band dan penyanyi karbitan, dan lipsync yang sudah jadi tren, bikin males denger lagu indonesia sekarang bro. Penontonnya pun dipenuhi dengan remaja remaja alay yang enggak paham musik berkualitas itu seperti apa.

Jangan salah sangka dulu bro... Ane ngomong gini berdasarkan fakta yang terjadi sekarang. Coba deh mas bro nyalain radio di smartphone. Perhatikan, penyiar radio ogah-ogahan buat muter lagu-lagu indonesia yang sekarang nge-tren. Mereka cenderung lebih suka muter lagu-lagu tahun 80-90an yang terkesan jadul.


Bukan apa-apa bro. Mereka takut kantornya bakal dikerubuti alayer-alayer dari pelosok nusantara jika nekat muter lagu-lagu sekarang. Selain itu, komentar-komentar yang masuk juga bakal dipenuhi komentar-komentar alay yang bakal menghancurkan kredibilitas mereka sendiri bro. Jadi, daripada radio mereka bangkrut, lebih baik nyetel lagu yang berkualitas. Enggak apa-apa deh jadul, yang penting iklan masuk.

Isu kedua ini masih anget-anget tai ayam bro. Sekarang, coba kamu nyalain televisi. Tongkrongin tuh program musik di tiap stasiun tv. Adakah lagu yang menarik? Satu dua lagu? Atau enggak ada sama sekali? Boro-boro lagu yang bagus bro, acara musiknya sendiri saja udah abal-abal. Alias, udah enggak ketahuan lagi mana acara musik mana acara demo masak!

Dan isu yang ketiga juga terjadi di sekitar kita bro. Sudah jarang banget kita rasakan kehebohan dan kemeriahan pagelaran festival band di tanah air. Enggak kayak dulu ada pagelaran musik besar dan bergengsi macam Soundrenaline atau Indiefest (Festival band Indie). Padahal festival-festival band begini efektif buat menjaring band-band lokal buat terkenal.

Sekarang mana bro? Ditempat ane udah enggak ada lagi festival band beginian. Paling banter ada konser dangdut di kondangan sebelah rumah atau acara kosidahan ibu-ibu PKK se-komplek. Masa kejayaan festival band di Indonesia sudah berakhir bro.

Kalo kita plesbek nih bro, kehancuran (kemerosotan) musik Indonesia diawali kemunculan band-band beraliran musik melayu dan juga dipengaruhi kemunduran band-band udah tenar macam Dewa 19, Slank, atau Sheila On 7. Faktanya, lagu-lagu bertema galau dan mendayu-dayu ini bikin mental anak Indonesia jadi melankolis bro. Sangat tidak cocok buat selera (sebenarnya) anak muda Indonesia yang agresif dan energik. Bener enggak bro?




Kalo foto terakhir ini ane no comment deh bro...


Belum hilang rasa eneg anak muda Indonesia dengan lagu “melankolis” melayu, muncul fenomena musik aneh bin ajaib bernama BOYBAND dan GIRLBAND! Bener banget, fenomena Boyband/Girlband ini menjamur bagai panu di musim hujan. Sangat jelas mereka hanya meniru B/G yang duluan popular di negara Korea sana bro. Bedanya, di indonesia B/G ini hanya menjual tampang, bro. Sedangkan kualitas vokal dan koreografi mereka benar-benar sangat pas-pasan.

Dan lucunya lagi, kepopuleran B/G di Indonesia bertahan sesaat karena (umumnya) hanya satu lagu yang mampu mereka populerkan. Sisanya? Hanya lagu recycle atau lagu sampah bro...



Ini orang pada lagi ngapain sih?


Setelah sebagian besar anak muda Indonesia muntah-muntah melihat fenomena B/G, populerlah aliran musik yang dulu sempat dianggap remeh, yaitu DANGDUT! Yap, dangdutlah yang sekarang jadi trending topic musik Indonesia bro. Diikuti dengan kemunculan penyanyi-penyanyi cantik nan bahenol macam Duo Racun, Duo Serigala, Cita Citata, Zaskia Gotik, atau Siti Badriyah. Dengan modal dada yang besar dan bokong yang lebar, mereka berhasil menjadikan dangdut kembali populer di Indonesia.

Kalo membahas yang satu ini, jangan panjang-panjang ya bro... Ane takut dosa!



Beginilah gambaran musik Indonesia kekinian bro. Ane mohon... jangan berhenti berharap dengan keadaan musik kita sekarang, karena ane yakin suatu saat musik Indonesia bakal menunjukan taringnya lagi. Ane juga yakin suatu saat ada band atau penyanyi Indonesia yang menggelar konser besar di luar negeri bro. Enggak kayak sekarang yang impor penyanyi melulu. Dan ane juga yakin bro, kimcil-kimcil bakal diberantas dari Indonesia. Eh... #salahfokus

Sekian dulu bro, tulisan ane udah mulai jelek. Dan inget, jangan sampe kita hilang harapan dengan keadaan musik Indonesia sekarang. Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kejayaan musik Indonesia bisa terulang kembali. Sehingga lahir kembali generasi anak muda indonesia yang agresif dan energik.

Salam metal bro...! Aaaaarrrrgggghhhh....!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar