Senin, 19 Oktober 2015

Indonesia Trash Televison Awards 2015




Ladies and Gentlemen...

Selamat datang di pagelaran perdana Indonesia Trash Television Awards. Indonesia Trash Television Awards (ITTA) adalah ajang penghargaan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, karena ajang ini akan memberikan penghargaan kepada program televisi yang paling tidak bermutu, paling tidak kreatif, dan paling hina di seluruh jagad pertelevisian Indonesia. Program acara yang terpilih dianggap berpotensi menghancurkan karakter dan akhlaq pemirsa Indonesia.

Oh ya, Indonesia Trash Television Awards telah mendapat sertifikat HALAL dari MUI dan mendapat izin dari pemerintah pusat. Jadi jika ada yang ingin memprotes ajang penghargaan ini, silahkan berurusan dengan mereka.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Indonesia Trash Television Awards 2015 akan mempertandingkan 10 kategori. Dari 10 kategori ini ITTA akan menyeleksi dan menghadirkan 6 nominasi berupa program acara dari masing-masing stasiun televisi swasta di Indonesia. Pemenang akan ditentukan dari enam nominasi tadi.

Mukadimmah

Bisa dibilang, televisi telah menjadi hiburan utama bagi sebagian besar orang Indonesia di kala senggang. Keberadaannya pun mudah ditemukan mulai dari di ruang keluarga, ruang tunggu stasiun kereta, hingga kadang di warung kopi pinggir jalan. Stasiun TV pun berlomba-lomba menghadirkan acara dan program berkelas mulai dari berita, drama seri, atau kuis.

Faktanya, saat ini televisi telah meninggalkan kualitas hanya demi pengejaran terhadap rating. Bibit-bibit pembodohan disebar melalui acara-acara mereka yang sangat tidak bermutu. Unsur acara berupa: lucu, seru, seram, sensasional, heboh, dramatik, dan komunikatif (mudah dipahami/dangkal) telah menjadi unsur utama tiap tayangan yang mereka produksi. Tayangan ini dianggap sebagai pembodohan terselubung yang mengancam mental dan karakter masyarakat Indonesia. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) juga tak berdaya mengontrol industri pembodohan berkedok hiburan ini.

Lucunya, ditengah dekadensi kualitas tayangan televisi di Indonesia, muncul sebuah ajang penghargaan yang memilih program acara terbaik. Padahal – jika kita pahami dengan seksama – program acara yang menjadi juara sangat tidak layak untuk dijadikan pemenang karena tidak bermutu, tidak mendidik dan berkualitas rendah.

Disini... Indonesia Trash Television Awards (ITTA) hadir sebagai ajang penghargaan tandingan yang lebih relevan, lebih independen, dan lebih realistis. ITTA akan membukakan mata batin kita tentang program acara mana saja yang pantas dan tidak pantas untuk ditonton. ITTA akan berusaha mengedukasi tanpa menghakimi pemirsa televisi indonesia agar terhindar dari bibit-bibit pembodohan yang tersebar di layar kaca.

Maka kami dengan bangga menghadirkan 10 kategori Indonesia Trash Television Awards 2015 berikut ini...

KATEGORI DRAMA SERI TERBURUK

Kata apa yang bisa mewakili kondisi sinetron indonesia saat ini? Memprihatinkan! Ya, kata memprihatinkan sangat tepat untuk menggambarkannya. Lihat saja, sinetron yang ada sekarang hanya menjual mimpi, konflik, kekerasan, rebutan harta, rebutan kekuasaan, hingga rebutan pacar. Anehnya, shitnetron ini ternyata acara yang paling digemari oleh orang indonesia. Kok bisa ya?

Untuk itu, marilah kita sadar dan mengintip drama seri apa saja yang dikategorikan sebagai yang paling buruk versi ITTA, berikut ini:


1.    Tujuh Manusia Harimau – RCTI
2.    Sinema Pintu Taubat – Indosiar
3.    Raja dan Aku – Global Tv
4.    Kuch Kuch Dangdut – Indosiar
5.    Tukang Bubur Naik Haji: The Series - RCTI
6.    Samson dan Dahlia – SCTV
Dan pemenangnya adalah...
Tukang Bubur Naik Haji: The Series - RCTI
Waktu Tayang    : Setiap Hari, pukul 18:30 WIB
Pemeran            : Latief Sitepu, Mat Solar, Citra Kirana
Unsur Negatif     : Pelecehan Agama dan Budaya, Amoral
Skor                  : 2,24/10
Awalnya, Tukang Bubur Naik Haji bercerita tentang kisah inspiratif seorang tukang bubur bernama Haji Sulam yang sukses menjalani ibadah haji karena buah kesabarannya. Namun, semakin lama jalan cerita berubah menjadi tak keruan. Haji Sulam yang dalam kehidupan nyata bersifat bijaksana dan ramah digambarkan mudah marah dan sering mengucapkan sumpah serapah. Ini diperparah dengan kehadiran Haji Muhidin – pemeran antagonis – yang ingin mencelakakan Haji Sulam karena kedengkiannya.

Kisah yang bertele-tele, menyimpang, dan jauh dari ajaran agama islam adalah poin plus yang menjadikan Tukang Bubur Naik Haji menjadi jawara ITTA kategori drama seri terburuk. Program ini dianggap telah menciderai predikat “haji” yang seharusnya sebagai panutan masyarakat. Selain itu nilai-nilai yang disampaikan berpotensi mencederai ajaran islam yang sudah terlanjur lekat di masyarakat kita.

Hadirin... beri tepuk tangan yang meriah untuk sinetron Tukang Bubur Naik Haji sebagai “Drama seri terburuk 2015” versi ITTA...

KATEGORI PROGRAM ANAK & REMAJA TERBURUK

Artis-artis cantik dan tampan, modis, bermobil mewah, dan bergaya hidup glamour sering kita jumpai di sinetron remaja Indonesia. Sinetron-sinetron ini kadang menyisipkan unsur-unsur berupa kekerasan, pergaulan bebas, khayalan, anti-sosial, dan bahkan mistis! Padahal masa remaja adalah masa mencari jati diri. Apa jadinya jika generasi muda Indonesia terus dicekoki dengan tayangan sinetron macam ini?

Makdarit (maka dari itu), perlu tindakan preventif orang tua untuk membatasi anak-anak menatap layar televisi sambil melihat nominasi kategori Program Acara Anak & Remaja Terburuk versi ITTA di bawah ini... 

  
1.    Ganteng Ganteng Serigala – SCTV
2.    Baal Veer – An Tv
3.    Raja dan Aku – MNC Tv
4.    Rajawali – RCTI
5.    Tujuh Manusia Harimau – RCTI
6.    Duyung – MNC Tv
Dan pemenangnya adalah...
                        Tujuh Manusia Harimau – RCTI 
Waktu Tayang     : Setiap Hari, pukul 20:45 WIB
Pemeran            : Samuel Zylgwyn, Ochi Rosdiana
Unsur Negatif      : Mistis, Kekerasan, Plagiat
Skor                  : 1,04/10

Sebagai salah satu sinetron hasil plagiat dari Twilight Saga, Tujuh manusia Harimau berhasil memenuhi syarat sebagai sinetron paling enggak banget untuk ditonton anak dan remaja indonesia. Unsur-unsur berupa mistis, tak masuk akal, hedonisme hingga kekerasan sangat berbahaya jika ditelan mentah-mentah oleh generasi muda kita.

Sebenarnya, cukup sulit bagi juri untuk memilih karena semua nominasi diatas memenuhi unsur-unsur tak mendidik. Padahal jika kreatif sedikit saja, banyak kok isu-isu remaja yang lebih mendidik yang bisa diangkat ke layar kaca. Seperti tema tentang persahabatan, pesan anti-narkoba, anti sex-bebas, dan enterpreuner misalnya. Isu-isu hangat dunia remaja ini sebenarnya dibutuhkan remaja sekarang, bukannya sinetron percintaan alay dengan lakon binatang-binatangan.

Karena itu, mari kita berikan tepuk tangan yang meriah untuk sinetron cadas, Tujuh Manusia Harimau sebagai pemenang “Program Anak & Remaja Terburuk 2015” versi ITTA...

KATEGORI PROGRAM BERITA TERBURUK

Pemirsa yang haus akan berita seperti sekarang ini berharap akan adanya program berita yang akurat, objektif, berimbang dan terpercaya. Namun, privatisasi stasiun televisi oleh beberapa tokoh politik membuat program berita sekarang tidak lagi netral. Ini terlihat sejak pemilu 2014 lalu dimana terjadi “dualisme” keberpihakan yang mengarah pada black campaign.

Program berita sekarang makin tidak berkembang karena terlihat hanya menyajikan berita tentang kriminalitas, musibah, kekerasan, atau konflik sehingga seakan-akan negara kita ini berisi orang-orang bodoh yang tak beradab. Tayangan program berita sekarang sangat jarang memberitakan berita membanggakan seperti prestasi anak bangsa yang mengharumkan nama Indonesia.

Dan berikut adalah nominasi Kategori Program Berita paling enggak banget di tahun 2015 ini, cekibrot...


1.      Lintas Siang – MNC Tv
2.    Redaksi – Trans 7
3.    Patroli – Indosiar
4.    Reportase – Trans Tv
5.    Topik Terkini – An Tv
6.    Fokus Kasus – Indosiar
Dan pemenangnya adalah...
                               Redaksi – Trans 7
Waktu Tayang     : Redaksi Pagi, senin-jum’at 06:30 WIB
                          Redaksi Siang, setiap hari 11:30 WIB
                          Redaksi Sore, senin-jum’at 15:45 WIB
                          Redaksi Malam, senin-jum’at 01:15 WIB
Presenter           : Benny Dermawan, Lianita Ruchyat
Unsur Negatif      : Jakartasentris, Inkonsistensi
Skor                  : 5,65/10

Apa jadinya jika ada program berita tapi tidak menampilkan ulasan berita menyeluruh didalamnya? Inilah yang terjadi dalam program berita redaksi Trans 7. Dalam program berita ini, pemirsa dibuat kebingungan karena ulasan berita yang ditampilkan hanya sedikit, sedangkan sisanya Redaksi Trans 7 menampilkan banyak selipan Variety Show berupa acara jalan-jalan sambil berburu kuliner dan blusukan ke objek-objek wisata di Indonesia. Tuing! Ini program berita apa program adventure sih?

Kebingungan pemirsa tadi bertambah dengan sikap jakartasentris yang mayoritas hanya menyuguhkan berita di seputaran ibukota Jakarta dan juga Jawa Barat saja. Sehingga Redaksi Trans 7 pantas menyabet gelar kehormatan berupa “Program Berita Terburuk 2015” versi ITTA.

Well, mari kita berikan sambutan yang meriah atas terpilihnya Redaksi Trans 7 sebagai pemenang dalam kategori “Program Berita Terburuk” ITTA 2015...


KATEGORI PROGRAM OLAHRAGA TERBURUK

Mirip dengan program berita reguler, program berita olahraga adalah tayangan yang paling dinanti bagi para sport lover. Mereka umumnya menantikan ulasan berita tentang hasil-hasil pertandingan tadi malam, cuplikan gol, daftar klasemen terkini, hingga gosip-gosip artis olahraga. Mereka juga berharap akan adanya berita olahraga yang netral dan berimbang.

Dan berikut adalah program berita olahraga terburuk versi ITTA yang selama ini kita tak menyadarinya...


1.    Lensa Olahraga – An Tv
2.    One Stop Footbal – Trans 7
3.    Kabar Arena – TV One
4.    Sport 7 – Trans 7
5.    Kampiun Sepakbola Nasional – An Tv
6.    Galeri Sepakbola Nasional – Trans 7
Dan pemenangnya adalah...
                    One Stop Footbal – Trans 7
Waktu Tayang     : Sabtu & Minggu, pukul 12:45 WIB
Pemeran            : Terry Putri, Auxillia Paramitha, Anita Mae
Unsur Negatif      : Objectivitas, Jakartasentris
Skor                  : 3,15/10

Tidak dipungkiri, One Stop Footbal adalah salah satu program berita olahraga favorit bagi para sport lover. Namun, entah kalian sadari atau tidak, One Stop Football selalu menempatkan klub Inggris Manchester United sebagai headline di setiap episodenya. Sedangkan klub-klub lain hanya dijadikan sebagai berita pelengkap. Mungkin karena kru Trans 7 mayoritas adalah fans berat MU kali ya? Atau mungkin berita MU selalu menaikkan rating mereka? Entahlah, hanya mereka dan Tuhan yang tahu...

Pengemasan acara One Stop Football dengan menampilkan host-host yang cantik dan sexy sebenarnya membuat program ini terlihat elegan dan menarik untuk ditonton. Namun, berita bola yang tidak berimbang tadi membuat acara ini kehilangan poin yang memaksa mereka merengkuh juara pertama “Program Berita Olahraga Terburuk 2015” versi ITTA...

Selamat untuk One Stop Football... jangan bersedih! Karena para fans MU siap untuk membela kalian... huehehehe

KATEGORI INFOTAINMENT TERBURUK

Infotainment adalah kependekan dari istilah bahasa inggris information-entertainment. Di Indonesia program ini identik dengan acara televisi yang menyajikan berita-berita selebritas. Sebagai acara informasi yang bertujuan untuk hiburan, perkembangannya sekarang sangat pesat. Bisa dipastikan semua stasiun televisi di Indonesia memiliki program acara jenis ini.

Infotainment yang baik hendaknya menyelipkan pelajaran hidup yang juga baik kepada pemirsa. Namun – sekali lagi – demi mengejar rating penonton, banyak infotainment yang hanya menjual keburukan artis, sensasi, bahkan gimmick.

Dan inilah 6 nominasi Infotainment terburuk yang menjual aib artis, senasi, dan juga gimmick untuk membodohi pemirsa Indonesia...


1.    Fokus Selebriti – Global Tv
2.    Seleb on News – MNC Tv
3.    Halo Selebriti – SCTV
4.    Intens – RCTI
5.    Selebrita – Trans 7
6.    Hot Issue – Indosiar
Dan pemenangnya adalah...
                              Halo Selebriti – SCTV
Waktu Tayang     : Senin-Kamis, pukul 09:00 WIB
Pemeran            : Natasya Desiree, Jenny Tan
Unsur Negatif      : Pembodohan, Sensasi, Gimmick
Skor                  : 4,67/10

Artis kawin-cerai kawin-cerai, pertengkaran rumah tangga artis, perselingkuhan artis, video hot artis, percintaan di bawah umur artis, hedonisme artis, hingga tren narkoba artis menjadi isu utama dalam program infotainment Halo Selebriti SCTV. Selain itu sensai murahan coba diangkat sebagai isu penting demi mendongkrak rating sinetron yang dibintangi oleh sang artis.

Apa keuntungan kita menonton program infotainment? Tidak ada! karena menonton Infotainment lebih banyak mudharat-nya daripada keuntungan. Ini jugalah yang bikin pusing juri ITTA karena sebagian besar infotainmenr lebih menonjolkan isu-isu sensasional dan bombastis tanpa mempedulikan lagi etika sosial.

Tentu saja kita tetap mengapresiasi Halo Selebriti sebagai Infotainment paling enggak banget di tahun 2015 ini. Selamat untuk Halo Selebriti SCTV...

KATEGORI REALITY SHOW TERBURUK

Menurut Om Wiki, program reality show adalah genre acara yang menggambarkan adegan yang seakan-akan benar terjadi tanpa rekayasa. Di Indonesia sendiri, acara bergenre reality show terus bermunculan. Reality show bertema musik, islami, talkshow, bahkan pencarian bakat tumbuh subur di ranah pertelevisian Indonesia.

Namun, persaingan antar reality show untuk menjaring penonton sebanyak-banyaknya menurunkan kualitas program jenis ini. Akibatnya unsur-unsur negatif seperti sensasi, mistis, dan gimmick ditanam dalam banyak reality show di Indonesia. Sekarang, program reality show tak ubahnya wadah pembodohan gaya baru yang dilakukan stasiun TV swasta.


1.    Curahan Hati Perempuan – Trans Tv
2.    Katakan Putus – Trans Tv
3.    Ada-ada Aja Bukan Talkshow Biasa – Global Tv
4.    The Blusukan – Trans Tv
5.     Late Night Show – Trans Tv
6.    Mister(i) Tukul – Trans 7
Dan pemenangnya adalah...
                              Late Night Show – Trans Tv 
Waktu Tayang     : Senin-Jum’at, pukul 23:00 WIB
Host                  : Ayu Dewi, Raffi Ahmad
Unsur Negatif      : Sensualitas, Mistis, Hedonisme
Skor                  : 1,27/10

Hingga saat ini, duo Trans (Trans TV dan Trans 7) adalah TV swasta yang paling getol memproduksi program reality show. Boleh jadi mereka jugalah pelopor dari maraknya Reality Show di Indonesia. Dari semua reality show yang ada di keduanya, ada reality show yang baik dan mendidik sebagai sumber inspirasi, dan ada juga reality show tak mendidik yang membodohi pemirsa.

Late Night Show adalah salah satu yang terburuk. Dengan dipandu oleh host Raffi Ahmad dan Ayu Dewi, Late Night Show sering mengupas gosip-gosip terkini artis, dunia malam, hingga acara mistis yang mengundang paranormal terkenal. Parade wanita-wanita sexy berpakaian minim ditarik sebagai bintang tamu untuk menarik pemirsa yang kebanyakan pria dewasa penderita insomnia. Maka, tak salah lagi Late Night Show adalah reality show paling tidak mendidik karena telah memporak-porandakan karakter bangsa dengan tontonan sensualitas plus mistis yang mereka suguhkan.

Enggak usah ba-bi-bu lagi... Mari kita berikan standing applause untuk Late Night Show sebagai Reality Show Terburuk di tahun 2015...

KATEGORI VARIETY SHOW TERBURUK

Variety show adalah genre acara yang paling banyak diadopsi oleh stasiun televisi swasta sekarang ini. Wujudnya beragam mulai dari ajang pencarian bakat, program musik, hingga acara demo masak. Akibatnya, variety show yang terlalu banyak ini membuat tayangan terasa hambar, monoton, dan membosankan!

Yaah mau gimana lagi ya... Mungkin karena miskinnya kreativitas dan dibutakan rating, oknum pertelevisian ini membuat acara-acara “ganjil” yang membuat mata pemirsa pedih dan berair.

Penasaran program Variety Show mana saja yang terburuk versi ITTA? Ini dia jawabannya...


1.    Janji Suci Ravi dan Gigi – Trans Tv
2.    Happy Show – Trans Tv
3.    Inbox – SCTV
4.    The New Eat Bulaga Indonesia – An Tv
5.    3 Arjuna – MNC Tv
6.    Tanpa Kata – Trans Tv
Dan pemenangnya adalah...
            The New Eat Bulaga Indonesia – An Tv 
Waktu Tayang     : Senin-Jum’at, pukul 07:30 WIB
Host                  : Uya Kuya, Reza Bukan, Farid Aja
Unsur Negatif      : Sensasi, Vulgar, Gimmick, Inkonsistensi
Skor                  : -1,14/10

Eat Bulaga adalah acara kuis yang mengadopsi acara televisi laris asal Filipina berjudul sama. Acara ini mulai ditayangkan pertengahan Juli 2012 di SCTV dan mulai 3 April 2014 kemarin program ini diambil alih oleh AnTv. Tak disangka dan tak dinyana, justru inilah awal dari sebuah bencana...

Awalnya, Eat Bulaga Indonesia tayang dengan tetap mempertahankan segmen tanya-jawab kuis yang melibatkan pelajar. Namun, mungkin karena tak bisa menyamai kesuksesan Eat Bulaga sebelumnya, An Tv menghiasi acara kuis ini dengan talkshow bak infotainment hingga sensasi drama percintaan alay oleh sesama Host Eat Bulaga Indonesia. Ampun deh...

Enggah hanya itu, untuk menambah sensasi dan kehebohan ditampilkanlah sosok yang dulu sempat menjadi Public Enemy pemirsa Indonesia. Siapakah dia? Dialah VICKY PRASETYO. Sosok fenomenal mantan tunangan pedangdut Zaskia Gotik yang punya gaya bahasa nyeleneh itu. Bukan hanya jadi host, Vicky juga disetting untuk terlibat percintaan dengan salah satu host Eat Bulaga Indonesia. *Plaaakkk*

Duh, juri sudah tak mampu berkata-kata lagi menilai variety show yang satu ini. Semua sensasi dan gimmick membuat mata dan telinga dewan juri bengkak. Karena itulah, Eat Bulaga Indonesia berhak mendapatkan juara satu kategori Variety Show Terburuk 2015 versi ITTA. Tepuk tangan yang meriah untuk Eat Bulaga... Barvo!


KATEGORI PROGRAM KOMEDI TERBURUK

Apa yang salah sih dengan program komedi sekarang? Bukannya tujuan mereka hanya untuk menghibur? Pemirsa pun banyak yang menyayangkan kenapa kategori ini masuk ke ITTA. Bagi mereka program komedi adalah program paling dicari untuk sekedar obat penghilang stress.

Usut punya usut, ada sedikit kejanggalan dengan program komedi Indonesia saat ini. Lawakan yang hambar dan garing, penuh dengan kalimat vulgar dirasakan hampir di semua program komedi di layar kaca. Ternyata inilah salah satu biang kerok tayangan yang membuat degradasi moral dan akhlaq kita sodara-sodara...

Mau tahu program komedi mana saja yang dimaksud? Let’s cekibrot...


1.    Happy Show – Trans Tv
2.    Pesbukers – An Tv
3.    D’Klinik Show – Global Tv
4.    Super Dede – MNC Tv
5.     Bro & Bray – Trans Tv
6.    Dewan Fantasi – Trans 7
Dan pemenangnya adalah...
                              Pesbukers – An Tv 
Waktu Tayang     : Senin-Jum’at, pukul 16:00 WIB
Host                  : Raffi Ahmad, Kartika Putri, Jessica Iskandar
Unsur Negatif     : Sensasi. Vulgar, Gimmick
Skor                  : -1,29/10

Pesbukers. Program komedi enggak jelas di An Tv adalah jawaranya. Gimana enggak? Pesbukers menganggap caci maki, hina menghina, omongan kasar, tindakan vulgar adalah guyonan yang lucu! Wadepak?

Parahnya lagi, Pesbukers selalu menempatkan anak-anak sekolah, bahkan anak-anak yang masih memakai seragam sekolah menjadi penonton setianya. Wow... inilah sebuah bentuk program pembodohan yang terbuka dan terorganisir dilakukan oleh oknum pertelevisian negara kita.

Yang bikin parah kuadrat, Pesbukers juga sering mengumbar gimmick percintaan diantara host-host mereka sendiri. Sudah enggak mendidik, banyak gimmick, kalo nonton komedi ini amit-amit! Juri ITTA pun dengan bersemangat mengetik status PESBUKERS menjadi pemenang Program Komedi Terburuk tahun 2015 dan juga sepanjang masa!

Selamat dan sukses untuk Pesbukers... tetaplah setia dengan unsur pembodohannya agar kau bisa menang kembali tahun depan!

KATEGORI PROGRAM ASING TERBURUK

Ada pemandangan berbeda dengan tayangan televisi Indonesia saat ini, yaitu mulai menjamurnya program drama asing. Bedanya, jika dulu program asing didominasi drama asing latin (telenovela) kini drama asing diimpor langsung dari Turki dan juga India.

Awalnya, hanya satu stasiun TV yang menayangkan program ini, tapi karena ketularan latah-nya Mpok Atik, stasiun TV lainpun berlomba untuk menyiarkannya juga. Bagi para stasiun TV, program asing adalah cara efisien dan ampuh untuk meningkatkan rating karena biaya produksi rendah, tapi menghasilkan fulus yang melimpah.

Sudah pasti karena faktor duit tadi, oknum stasiun TV ini asal putar saja tanpa memikirkan kandungan negatif dan efeknya pada pemirsa. Dibawah adalah nominasi program asing yang berpotensi menjadi sarana pembodohan baru untuk kamu-kamu semua...


1.    Cinta di Langit Taj Mahal – An Tv
2.    Kebangkitan Estrugul – Trans 7
3.    Elif – SCTV
4.    Shehrazat – An Tv
5.    Ninja Warrior – MNC Tv
6.    Baal Veer – An Tv
Dan pemenangnya adalah...
                              Baal Veer – An Tv
Waktu Tayang     : Setiap hari, pukul 09:30 WIB
Pemeran            : Dev Josh, Anushka Sen, Sudeepa Singh
Unsur Negatif      : Imaginatif, Irrasional, Pembodohan
Skor                  : -2,13/10

Bagi yang belum kenal, Baal Veer adalah serial televisi anak-anak yang diimpor langsung dari India. Ceritanya berkisah tentang petualangan anak laki-laki bernama Baal Veer yang memiliki kekuatan supranatural di dunia peri dan dunia manusia.

Dengan efek visual dan grafis yang ala kadarnya, serial ini dianggap terlalu menonjolkan imajinasi dan irrasionalitas dan diluar logika serta kekonyolan dan kebodohan berlebihan dari pemeran dewasanya. Sehingga walaupun ditujukan untuk anak-anak, Baal Veer dipercaya ikut serta menyebar benih-benih kebodohan karena anak akan dibina tentang pikiran yang serba ajaib, instan, dan tanpa usaha.

Baal Veer tak ada bedanya dengan tontonan pembodohan lain, bahkan lebih berbahaya karena menargetkan pemirsa anak-anak untuk menontonnya.

Karena itu, mari kita beri sambutan meriah untuk Baal Veer yang telah mendapat predikat “Program Asing Terburuk 2015” versi ITTA...

KATEGORI PENCARIAN BAKAT TERBURUK

Menurut kalian, apa sih tujuan diadakannya program pencarian bakat itu? Pastinya untuk menjaring bakat-bakat terpendam yang luput dari lensa kamera bukan? Tapi yang terjadi sekarang justru sangat ironis. Program pencarian bakat digunakan sebagai kedok untuk menaikkan rating dan jumlah penonton.

Maka dibuatlah program pencarian bakat disertai dengan lawakan garing, drama cinta alay antara host, juri, hingga pesertanya, gimmick, dan bahkan overdurasi! Selain program acaranya yang kacau tadi, pemilihan dewan juri juga sering dilakukan asal-asalan dengan mencari artis terkenal yang tidak berkompeten di bidangnya. Jadi, jangan heran jika lulusannya berisi artis kapiran yang hanya numpang lewat.

Selain tak berguna, sebagian program pencarian bakat ini adalah sarana pembodohan yang tak kalah dahsyat dari sinetron dan infotainment. Mau tahu siapa saja nominasinya? Ini dia jawabannya...


1.    Bintang Pantura – Indosiar
2.    Ratu Dendang Dangdut – MNC Tv
3.    D’T3rong  Show – Indosiar
4.    Miss Celebriti – SCTV
5.     Everybody Superstar – Trans Tv
Dan pemenangnya adalah...
                             D’T3rong Show – Indosiar  
Waktu Tayang     : Setiap hari, pukul 17:00 WIB
Host                  : Ramzi, Rina Nose, Irfan Hakim
Unsur Negatif      : Overdurasi, Gimmick, Inkonsistensi
Skor                  : -4,21/10

D’T3rong Show adalah semacam acara pencarian bakat penyanyi dangdut yang ada di Indosiar. Program ini memenuhi syarat mutlak buat menjadi program pencarian bakat terburuk yang pernah ada! yaitu...

Pertama: Penjurian. Para juri D’T3rong Show sering memberi komentar yang panjang, bertele-tele, dan tak berbobot. Diduga komentar panjang tapi kosong para juri ini adalah modus untuk memperpanjang durasi agar ikaln-iklan banyak yang masuk.

Kedua: Inkonsistensi. Banyak segmen acara yang melenceng dari tema pencarian bakat itu sendiri. Pada banyak episode, D’T3rong Show banyak menyelipkan semacam acara “Tali Asih” yaitu, kontestannya dipertemukan dengan keluarganya, terus nanti backsoundnya berubah mellow, kontestannya mewek, terus juri dan penontonnya ikutan nangis. Ah, kampret!

Dan yang ketiga: Overdurasi. Karena banyaknya segmen sampah tadi durasi D’t3rong Show menjadi panjaang banget! Bayangkan, acara ini dimulai dari bedug magrib sekitar pukul 18:00 hingga tengah malam buta pukul 00:00! Sehingga D’T3rong Show berhasil memecahkan rekor sebagai program terpanjang dan paling membosankan di dunia dan akherat!

Ketiga alasan tadi ditambah dengan lawakan host D’T3rong Show yang garing, enggak lucu, dan tak bermutu serta gimmick yang sengaja dibuat-buat. Benar-benar program acara yang lengkap banget buruknya...

Maka, kami dengan penuh sukacita memberikan D’T3rong Show penghargaan sebagai “Program Pencarian Bakat Terburuk 2015”. Selamat buat terong-terongan... Eh! D’T3rong Show...


Penutup

Dari berbagai nominasi dan juara diatas, bisa disimpulkan bahwa 9 dari 10 program televisi di Indonesia telah masuk ke dalam kategori “Program Sampah”. Program sampah ini dipercaya bakal mencuci otak pemirsa untuk menjadi idiot, bodoh, tak berbudaya, tak berakhlaq, dan bermental lemah. Enggak salah jika fenomena ini adalah semacam bentuk industri kebodohan yang berkedok hiburan di layar kaca.

Fenomena ini terjadi karena semua stasiun televisi di Indonesia dibutakan dan diperbudak oleh rating sehingga menganggap rating adalah segalanya. Sikap pemirsa yang pasif dan tak kritis membuat industri pembodohan ini terus berkembang bak panu yang jika digaruk maka makin gatel.

Well, ITTA hanya mengajak pemirsa untuk pintar dan berhati-hati dalam memilih tayangan televisi saat ini. Selebihnya, keputusan untuk menonton atau tidak program televisi tadi ada ditangan anda, karena tangan anda lah yang sedang memegang remote. Hehehe...

Sampailah kita diujung acara. Mudah-mudahan dengan digelarnya acara penghargaan absurd ini bisa membukakan mata batin pemirsa untuk memilih dan memilah tontonan mana yang baik dan yang buruk.

Kalo kamu punya masukan atau mungkin nominasi sendiri dari kategori program acara diatas, silahkan buat menyampaikan di kolom komentar karena nominasi diatas bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung dari polling kalian semua.

See you on Indonesia Trash Television Awards next years, guys! And remember to keep watching smart television program and throw away the bad one!

Ciiaaooooo...





1 komentar: